Pengertian Hardisk Komputer Dan Jenis-Jenisnya

Hard disk merupakan perangkat keras komputer di dalamnya terdapat piringan magnetis. Hardisk adalah komponen komputer yang sangat penting. Fungsi hard disk untuk menyimpan data - data yang kita input ke dalam komputer. Anda juga dapat membagi kapasitas hardisk dengan cara partisi hard disk, partisi adalah sekat ruang, misalkan hardisk dengan ukuran 40 Gb dapat dipartisi menjadi 2, dengan ukuran  20 Gb per partisi.

hardisk komputer

Hardisk Komputer

Hard disk memiliki beberapa merk terkenal yang banyak dijumpai di toko - toko komputer, seperti : Seagate, Western Digital (WD), Maxtor, Hitachi Deskstar, Samsung, Thosiba, dll. Hardisk juga memiliki beragam kapasitas Mulai dari 20 Gb sampai 1 tera (1000 Gb). Hardisk juga memiliki jenis yang berbeda seperti di bawah ini :


Jenis - Jenis Hard disk

Hard disk model Parallel ATA, biasanya terdapat pada komputer lama, pentium I, pentium II - Pentium IV, dihubungkan dengan kabel yang mempunyai 40 pin atau disebut juga kabel data hardisk ATA. 

Kabel berbentuk lebar dan berwarna biru, putih, kuning, hitam. Hardisk ATA juga memiliki jumper, agar bisa ditempatkan sebagai primary atau secondary. Kecepatan rotasi hardisk 3600 rpm sampai 7200 rpm.

hardisk komputer

Hard disk Model Serial SATA, hardisk ini lebih ringan dan bentuk yang ramping dibanding dengan hardisk ATA dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan ke motherboard juga berbeda. Kabel berukuran lebih kecil dan berwarna merah.Kecepatan transfer kabel SATA lebih cepat dibandingkan kabel ATA yaitu 7200 rpm.

Hard disk model SCSI, hard disk ini bisanya digunakan pada laptop memiliki kecepatan akses sampai 10000 rpm. Interface hard disk SCSI menggunakan I/O card untuk menghubungkan hard disk dengan mainboard.

Demikian Penjelasan tentang Hard disk Komputer dan Jenis - Jenis Hard disk, Fungsi Hard disk semoga bermanfaat.

Baca Juga
Tag : PC
0 Komentar untuk "Pengertian Hardisk Komputer Dan Jenis-Jenisnya "

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Mohon Untuk Mematuhu TOS diatas. Terimakasih

Back To Top