6 penyebab hardisk komputer rusak

6 penyebab hardisk komputer rusak

Penyebab hardisk komputer rusak. Hard disk merupakan tempat untuk menyimpan data, jika hard disk rusak maka data - data yang sudah anda simpan ke dalam hardisk komputer selama ini akan rusak, bahkan tidak bisa di kembalikan lagi.

Itulah bahaya saat hard disk komputer anda rusak. Hard disk memiliki harga yang cukup mahal, hard disk juga terkadang tidak bisa untuk diperbaiki.  
 
Untuk mengurangi terjadinya keruskan hard disk, anda harus mengetahui apa masalah hard disk komputer. Sehingga anda dapat mengurangi atau mencegah terjadinya kerusakan pada hard disk komputer anda. 

Hard disk sangat rentan dengan kerusakan, banyak masalah hardisk yang terjadi, berikut ini beberapa penyebab hardisk komputer rusak.


Penyebab Keruskan Pada Hardisk Komputer

Over heat atau panas berlebihan
Pemakain komputer yang terlalu lama menjadi penyebab hardisk menjadi panas, karena piringan magnetis harus terus berputar dengan cepat, apalagi jika tidak menggunakan pendingin tambahan seperti kipas pendingin hardisk, hardisk yang kotor juga menjadi penyebab hardisk panas.

Benturan Keras
Sering kali seseorang menjatuhkan laptop tanpa sengaja, sehingga benturan keras tidak dapat dihindari, apa lagi saat hardisk itu dalam keadaan dipakai. Cara pemasangan hardisk pada komputer yang tidak sesuai atau kurang kuat dalam membaut hardisk, maka saat komputer tersenggol maka hardisk di dalam casing akan bergetar bahkan jatuh.

Install Komputer berulang - ulang
Komputer yang di install secara berulang - ulang akan menjadi penyebab kerusakan pada hard disk komputer. Biasanya dilakukan oleh siswa saat mereka mulai belajar install komputer, apalagi di tambah dengan menginstall program - program besar, game, dll. jadi lebih baik jika meminimalis install komputer

Umur Hardisk
Hardisk yang memiliki umur yang cukup lama, biasanya akan mengalami kerusakan. Karena hardsik sering diinstall sebelumnya, dan diformat, partisi, unistall , dan input data yang banyak. Wajar kalau hardisk akan mengalami kerusakan ditandai dengan hang atau lambat saat menjalankan program pada komputer.

Mematikan Komputer tanpa prosedur yang benar
Biasanya orang yang belum begitu mengerti, mematikan komputer dengan paksa yaitu dengan menekan tombol power secara langsung, padahal bisa melakukan shut dwon atau turn off komputer, itu menyebabkan hardisk rusak, karena hardisk sedang berjalan dihentikan secara paksa.

Listrik Mati
Ini untuk Personal komputer atau PC khususnya, tetapi ada juga laptop yang dipakai tanpa menggunakan batrei karena batrei sengaja dilaepas atau batrei laptop sudah rusak. Sama halnya dengan mematikan komputer secara paksa, hardisk masih dalam kondisi berjalan harus berhenti mendadak karena arus terputus.

Semoga bacaan tentang hard disk problems dan Penyebab Hard disk Komputer Rusak dapat bermanfaat.

Baca Juga
Tag : PC
0 Komentar untuk "6 penyebab hardisk komputer rusak"

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Mohon Untuk Mematuhu TOS diatas. Terimakasih

Back To Top