tanda - tanda hardisk rusak


Hardisk faillure (kerusakan hard disk). Hard disk adalah perangkat keras komputer yang sangat penting karena hard disk menyimpan seluruh file komputer, mulai dari Sistem Operasi sampai data - data penting lainnya. 

Sering kali hard disk mengalami kerusakan dan jarang hard disk dapat diperbaiki. Hard disk memiliki ukuran yang tidak trlalu besar, berbentuk peregi panjang, dan terletak di bagian dalam sebuah casing komputer.

Baca Juga  
Hardisk Komputer
Penyebab Hard disk Komputer Rusak

tanda - tanda hardisk rusak

Hardisk memiliki dua jenis yaitu external harddisk dan internal hard disk, portable hard disk. Ekternal disk sudah banyak digunakan karena praktis tinggal menghubungkan dengan kabel USB ke komputer maka external hard disk sudah bisa di pakai. 

Tetapi hard disk rentan terhadap kerusakan, yang mengakibatkan hilangnya data atau file. Hard disk juga memiliki harga yang cukup mahal, sehingga banyak yang mencari cara untuk mencegahnya.

Hard disk drive yang mengalami kerusakan biasanya memiliki beberapa tanda. Berikut ini tanda - tanda keruskan pada hard disk drive.

Tanda - Tanda Kerusakan pada hardisk

  • Loading Komputer sangat lambat. Lampu Hard disk atau HDD led berkedip secara cepat padahal kita tidak melakukan aktivitas yang besar, atau bisa juga lampu HDD mati, tidak hidup sama sekali. 
  • Saat Pertama menghidupkan komputer system otomatis mendefrag registry system, biasanya memakan waktu yang cukup lama, ini terjadi pada windows XP.berarti tanda ada bad sector. terkadang juga baru selesai diinstall ualang langsung muncul blue screen.
  • Saat diformat, proses format berjalan sangat lama bahkan memakan waktu sampai berjam - jam bahkan sampai 1 hari. Itu menandakan hardisk sudah tidak bisa digunakan.
  • Pada waktu install ulang, proses berhenti saat pengkopian file windows system, dan komputer hang tidak bisa dijalankan.
  • Bunyi yang timbul pada hardisk, saat pertama kali dihidupkan hardisk mengeluarkan bunyi seperti suara jarum jam. dan prosess booting sangat lambat.
  • Hard disk tidak terbaca pada BIOS, pada saat masuk BIOS system dan mengaturnya, Hardisk tidak terbaca. sedangkan hard drive lain terbaca, padahal sudah mengganti kabel data hardisk tetapi tidak tebaca.
  • Hard disk bad sector , hardisk yang file didalamnya tidak bisa terbaca atau corupt, kapasitas hardisk penuh padahal data didalamnya hanya sedikit.

Demikan bacaan tentang tanda - tanda hard disk rusak, semoga dapat bermanfaat :)

Baca Juga
Komponen Motherboard dan Fungsinya
Cara Service Batrei Laptop Consider Replacing Your Battery
Cara mempercepat windows 7
Cara Konfigurasi DNS Server Debian Terbaru
Spesifikasi dan Harga Nokia X Android Smartphone Baru 2015
Tag : PC
0 Komentar untuk "tanda - tanda hardisk rusak"

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Mohon Untuk Mematuhu TOS diatas. Terimakasih

Back To Top