Macam-Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Jaringan Komputer ~ Perangkat Keras Jaringan Komputer adalah perangkat pada sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer atau lebih dengan tujuan agar dapat saling terhubung, berbagi file atau data, dan berbagi informasi lainya.

Didalam jaringan komputer tentunya kamu pasti sering menjumpai bentuk serta jenis-jenis perangkat jaringan komputer. Baik yang secara mendasar sering digunakan pada jaringan kecil seperti LAN ( Local Area Network) hingga yang sering digunakan pada jaringan lebih besar.

perangkat jaringan komputer

Macam-Macam Perangkat Jaringan 


Dari bermacam-macam perangkat jaringan komputer tersebut, terdapat beberapa perangkat jaringan yang umum dan wajib untuk kamu ketahui. Sebab perangkat ini pasti akan kamu jumpai dan perlukan ketika akan membangun sebuah jaringan komputer.

Berikut Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer Yang Harus Kamu Ketahui


1. Modem

Modem atau kepanjangan dari Modulator Demodulator, Adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan pengguna ke jaringan internet. System Kerja perangkat ini yaitu mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. 

Ketika ada perintah dari komputer maka modem mentranslit sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog, kemudian setelah perintah tersebut diterima, maka modem akan meneruskan ke komputer tujuan dan merubah perintah tersebut ke sinyal Digital kembali. Sehingga mudah dipahami oleh komputer

2. Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk sebagai media penghubung dari komputer ke komputer atau komputer ke perangkat jaringan komputer seperti Hub, Radio Hostpot, dan perangakt jaringan lainya. Didaam kabel jaringa terdapat macam-macam kabel yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer. Berikut ini yang paling umum digunakan :

Fiber Optic (menggunakan konektor SC dan ST)
Twisted Pair (UTP dan STP) ( UTP menggunakan konektor RJ45)
Coaxial ( Menggunakan Konektor BNC)

3. Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan

Sebuah kartu jaringan (LAN Card) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun client yang berfungsi sebagai media untuk penghubung sehingga komputer dapat dihubungkan kedalam sistem jaringan yang ada.

4. Konektor

Konektor adalah alat penghubung antara kabel dengan network adapter ( Kartu Jaringan ). Konektor yang digunakan untuk membangun jaringan komputer terdapat macam-macam bentuk dan jenisnya serta kegunaanya yang berbeda. Berikut jenis-jenis konektor dan kegunaanya :

Konektor RJ-45 digunakan untuk jenis Kabel UTP
Konektor BNC digunakan untuk jenis Kabel Coaxial
Konektor SC dan ST digunakan untuk jenis Kabel Fiber Optic

5.  Hub

Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang digunakan sebagai penghubung/terminal dari komputer server ke komputer client melalui pirati kartu jaringan/lan card. Biasanya hub digunakan pada jenis jaringan yang memakai topologi START. 

6. Switch

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang fungsinya dengan Hub, akan tetapi yang membedakan Switch dengan Hub yaitu Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga harus memproses informasi pada lapisan atau layer data link. switch dapat mengidentifikasi alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung ke switch

7. Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu menyebarkan kembali dengan kekuatan sinyal yang sama.

8. Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang fungsinya sama dengan repeater hanya saja bridge lebih mudah fleksibel dalam penggunaanya. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Sebagai contoh bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.

9. Router

Router adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara komputer atau perangkat jaringan ke  network yang berbeda. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya dengan cepat . Penjelasan lengkap tentang Router.

0 Komentar untuk "Macam-Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya"

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Mohon Untuk Mematuhu TOS diatas. Terimakasih

Back To Top