Cara Partisi Hardisk Tanpa Melakukan Format

Cara Partisi Hardisk Tanpa Software ~ Partisi hardisk adalah melakukan pembagian ruangan dalam hardisk komputer dengan tujuan untuk mempermudahkan pengguna komputer dalam penyimapanan data tanpa harus dicampur adukan dengan system. 

Dalam postingan kali ini, penulis akan memberitahu Anda proses untuk mempartisi Hard Drive Tanpa Memformat atau menghilangkan data. Biasanya, jika kita akan melakukan pembagian ruang hardisk maka kita harus memformat semua drive partisi ulang. 

bagaimana membagi hardisk

Partisi Hardisk Tanpa Menghilangkan Data


Tapi dalam artikel kali ini penulis akan memberikan sebuah metode dimana Anda dapat dengan mudah partisi ulang hard drive yaitu mengecilkan atau memperluas ruang partisi hard drive di komputer Anda tanpa kehilangan data sedikitpun.

Banyak pengguna komputer yang ingin lebih akan jumlah partisi untuk menyimpan data yang berbeda dalam drive yang berbeda karena akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi kita untuk menentukan dan mencari file. 

Sebgai contoh Jika kita memiliki drive 200GB dan sekitar 80GB penuh dengan data dan tersisa 120 Gb gratis, disini kita bisa membagi ruang baru dengan kapasitas 100GB. Dengan cara ini maka aka terdapat dua ruang/partisi pada hardisk dengan kapasitas masing-masing sebesar 100gb.

Langkah-Langkah Melakukan Partisi Hardisk


Masuk Disk Management
Langkah pertama yaitu masuk ke disk managemen dengan cara klik Start=>Control Panel=>Administrative Tools=>Disk Managemen. Disitu akan terlihat hardisk dan kapasitasnya.


Melakukan Partisi Hardisk
Untuk melakukan partisi hardisk silahkan anda pilih pada ruang hardisk tersebut kemudian klik kanana dan pilih Shrink Volume.

cara mudah partisi hardisk

Menentukan Jumlah Kapasitas 
bagaiana cara partisi hardisk
Disini kamu akan menemukan tampilan yang berisi jumlah kapasitas pada ruang bebas pada hardisk kamu, Jumlah ruang yang akan diberikan pada partisi yang akan dibuat. Masukan jumlah kapasitas yang akan diberikan pada partisi yang akan dibuat.


Pembuatan Partisi Baru
Setelah itu maka akan terdapat ruang kosong yang belum terpartisi, klik kanan pada ruang tersebut dan pilih New Simple Volume, selanjutnya pilih next hingga finish.

cara membagi kapasitas hardisk

cara melakukan partisi hardisk

Dengan cara yang sama, Anda dapat memperbesar ukuran setiap drive ketika drive Anda akan kelebihan beban data, Dalam hal ini, Anda dapat dengan mudah membuat beberapa ruang yang dialokasikan untuk penyimpanan data agar lebih aman. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah partisi Hard Drive tanpa harus memformat.

0 Komentar untuk "Cara Partisi Hardisk Tanpa Melakukan Format"

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Mohon Untuk Mematuhu TOS diatas. Terimakasih

Back To Top